Sabtu, 22 Februari 2014

Sekolah nya Orang PINTAR apa "KATANYA"

GERAH....

Panas memang cuaca hari ini . Namun bukan itu yang membuat saya gerah. Ada slentingan yang "bagi saya" ini perlu menjadi perhatian. Ini tentang yang sering saya lihat dan rasakan.

SEKOLAH kalau tidak menerima murit yang "katanya' BODOH buat apa didirikan.

Banyak sekolah-sekolah yang "katanya" unggulan karena dilihat dari banyak siswa yang "katanya" PINTAR mendaftar disekolah tersebut. Sedang mereka yang "katanya" DIBAWAH RATA-RATA DISISIHKAN.

FENOMENA....
* Sekolah-sekolah besar mendidik siswa yang "katanya" PINTAR untuk menjadi "katanya" LEBIH PINTAR (OKE masuk akal).
* Sekolah-sekolah yang "terlihat" blusuk. Diisi oleh anak-anak yang "katanya" BODOH namun nyatanya banyak dari mereka (para guru mengatakan) bahwa anak-anak muritnya tetap menjadi "katanya" BODOH malah "katanya" SEMAKIN BODOH.

APA YANG TERJADI
* anak-anak yang "katanya" PINTAR tumbuh menjadi dewasa, bermimpi memajukan bangsa, mengabdi pada Negara, pada akhirnya tidak sedikit yang memperkosa bangsanya sendiri, menjadi pelaku KORUPSI, KOLUSI dan NEPOTISME.
* sedang anak-anak yang "katanya" bodoh tumbuh dewasa melahirkan anak-anaknya dengan cara yang biasa dan berarti lahirlah calon-calon anak bangsa yang "katanya" BODOH.

Pola ini akan terus saja berjalan dan mengalir begitu-begitu saja, bila tidak ada kesadaran (mulai dari) diri sendiri, masing-masing individu dari kita untuk menyadarkan yang lain, para pekerja di sekolah (terutama guru), orang tua, lingkungan, pemerintah, pada akhirnya saya katakan semuanya bertanggung jawab dan ikut andil dalam perbaikan.

Dan perubahan yang paling utama adalah POLA PIKIR

Jangan lagi ada sebutan ANAK BODOH, atau menganggap dirinya BODOH. karena setiap dari kita terlahir untuk menjadi ISTIMEWA dan juga MULIA.

Saya sempat tersindir dengan kata-kata mentor saya yang mengatakan, jangan sebut kamu GURU kalau kamu belum mampu menjadikan siswamu yang "katanya" BODOH menjadi PINTAR (dalam arti sebenarnya) dan juga menjadikan dirinya MULIA.

Bukankah adanya sekolah "seharusnya" untuk mendidik, untuk belajar dan mengajarkan apa yang salah, mana yang benar, dan bagaimana selanjutnya kepada setiap anak (tanpa memandang katanya). Sehingga akan tumbuh anak yang "katanya" BODOH menjadi PINTAR, tidak sekedar menjadi PINTAR tapi juga MULIA

Karena kita tidak akan tau, setiap anak yang lahir hari ini, diantara mereka siapa yang akan menjadi PEMIMPIN di NEGARA ini.

#catatan_sore 21022014 cc Cory Eureikha II , #CorysQuote Mohon maaf bila terdapat perbedaan pandangan pada tulisan ini

Inilah yang mendasari keinginan saya 5 tahun nanti, untuk membangun SEKOLAH YANG DI TUJUKAN KEPADA MEREKA yang "katanya" BODOH, "dianggap" BODOH, "dicap" BODOH, bahkan merasa dirinya BODOH. 5 TAHUN LAGI.

Karena PINTAR SAJA TIDAK CUKUP.

Tidak ada komentar: