Sabtu, 14 Juli 2012

TIPS HEMAT UNTUK MAHASISWA (aksi konyol tapi bermanfaat)

bay pass raya, 7 September 2011

anda seorang mahasiswa ??

bila ia,
maka problem yang sering anda temui atau bahkan anda sendiri sebagai pelakunya adalah,

sering kali ketika awal bulan, atau di saat-saat uang kiriman orang tua datang, yang terjadi adalah :
  1. Anda di sibukan dengan tagihan hutang dari teman-teman anda
  2. Uang itu lenyap entah kemana, karena tanpa sadar anda telah membelanjakannya sedikit-demi sedikit
  3. selalu kelabakan di akhir bulan karena stok kehabisan, akhirnya alternatif pinjam uang teman
  4. uang jatah bulanan tapi belum genap satu bulan sudah habis duluan, malah baru 1/4 bulan sudah kehabisan uang.
  5. ketika uang berada pada level maksimum,kita dengan mudah menggunakannya ntuk menukan kemudian berkat "masih banyak kok, jadi tenang,pasti cukup"
  6. kebingungan karena ada barang penting yang harus anda beli saat itu juga, tetapiuang anda sudah menipis
  7. bagi anda yang punya pacar, sering kali harus mengorbankan uang bulanan untuk mentraktir pasangan (maksudnya sih biar romantis, tapi yang ada malah buat dompet jadi tambah tipis)

ada yang bisa memberi masalah lagi terkait uang bulanan...?
oke saya rasa cukup 6 masalah tersebut sebagai contoh.

bila memang ada masalah yang lebih membuat anda shock terkait uang bulanan anda
saya sarankan untuk membaca artikel ini lebih lanjut.

tapi maaf, membaca artikel ini tidak akan menambah uang bulanan anda bertambah
di sini, saya akan bernagi tips yang saya lakukan demi menghemat uang bulanan saya.
tips ini saya temukan akibat saya depresi dengan masalah uang dan kebingungan bagaimana cara mengaturnya,
karena saya mengalami maslah-masalah yang saya sebutkan di atas. namun kini, semua tidak ada maslah.
ntah dari mana datangnya, ini ide gila, dan sering kali sahabat-sahabat saya yang melihat aksi baru saya ini tertawa,
namun pada akhirnya mereka berkata "bagus juga"
yahhh paling tidak ada poin plus disini. . .

tapi,
bila anda sama sekali tidak bermasalah dengan uang bulanan
atau bahkan malah selalu kebanjiran.

STOP anda tidak pantas membaca artikel ini
dan saya sarankan, berikan uang anda sedikit untuk teman-teman mahasiswa anda
yang sekarang sedang kecekek kekurangan stok uang makan.

oke... kembali ke permasalahan

^_^ serius amat bacanya, santai mas brow....

* pada tanggal dan hari apa, anda biasanya mendapat sogokan dari orang tua agar anda belajar dengan tekun

biasakan mencatat, meskipun sepele, tapi ini ternyata sangat berkhasiat untuk mengetahui berapa lama anda bertahan
dengan uang sogokan yang mami dan papi anda berikan.

* berapa banyak uang tersebut

ini juga di percaya sebagai alat pelacak untuk mengetahui berapa besar uang yang anda habiskan tiap bulan.

* sisihkan 15.000 1 tahun sekali untuk membeli satu kotak amplop besar

bukan buat jaga-jaga kalau kita mau kondangan, meski bisa juga suatu saat kita akan memakainya untuk kondangan.
tapi disini amplop itu saya alih fungsikan sebagai penyimpan uang yang saya tempel di dinding. kemudian, saya memberi tugas
sesuai kebutuhan saya. seperti contohnya :

  1. amplop saya letakkan di tempat saya biasanya memasak. tidak layak saya sebut dapur, karena tempat yang saya tinggali berukuran 4 x 4 meter, dan itu hanya saya batasi lemari pakaian.di amplop tersebut saya tuliskan : "uang makan"amplop saya letakkan di samping lemari pakaian, yang masing masing tulisannya adalah : "uang kuliah" , "uang jajan" , "uang kebutuhan pokok" seperti peralatan mandi dan lain-lain, "uang sisa" yang berfungsi menyimpan uang hasil sisa dari uang kuliah, uang jajan, dan uang makan.
  2.  prediksikan, uang anda bertahan berapa hari. bagi uang tersebut sesuai kebutuhan anda.contoh bila anda di berikan uang sekitar 500.000 untuk tiap bulannya maka perkirakan kira-kira anda 1 bulan habis berapa besar untuk kebutuhan perut anda dan lain sebagainya. namun bila anda memiliki pacar, jangan lupa amplop khusus untuk si dia. wkwkwkwkwkwk ^_^ susah juga kalau pacarnya lebih dari satu, heeeeeeeeeeee
  3. masukkan uang tersebut dalam amplop. kita liat bagaimana aksi anda setelah ini. saran dari saya adalah, ada satu amplop khusus untuk uang jaga-jaga dan itu jangan di tempel, melainkan di lem. dan letakkan di bawah kasur atau tumpukan pakaian anda.satu kunci dari aksi ini adalah konsekuan, dan biarkan sang amplop bekerja sesuai perintahnya. jangan anda otak atik apa yang udah anda bagi sesuai kebutuhan anda

adapun penempatan amplop tidak harus seperti yang saya lakukan
andapun bisa meletakknya di kamar mandi, heeeeeeeeeeeee

atau kalau mau lebih bermanfaat, masukkan uang anda kedalam amplop lalu berikan kepada saya. wkwkwkwkwkwk ^_^

banyak pelajaran yang bisa anda ambil dari sini, khususnya untuk diri anda sendiri yaitu :
  1. anda akan mulai mengatahu bagaimana kepribadian anda karena disini sangat di tuntuk kesabaran, kejujuran dan keihlasan. untuk tidak berbuat curang
  2. anda akan mulai mempercayai diri anda sendiri, dan tanpa sadar anda akan di buat percaya diri hanya karena amplop
  3. anda akan mulai belajar untuk mempercayai diri anda sendiri dan orang lain. mengapa ? karena, jika anda mau membuktikan, maka hasil yang anda dapatkan adalah, anda akan mula mempercayai orang lain dan memberi tugas pada mereka sesuai kemampuan (saling berbagi)
  4. secara tidak langsung anda belajar hemat
  5. anda akan menemukan hal luar biasa, apakah itu ... ? hanya dapat anda ketahui setelah anda membuktikannya.


bila anda sudah membuktikan, saya berharap akan ada poin lebih selain 5 hal tersebut.

selamat mencoba.....

sukses untuk anda, dan juga saya

by : pencari jejak

Tidak ada komentar: