Sabtu, 14 Juli 2012

Every one is Special "TERIMA ORANG LAIN APA ADANYA, BUKAN ADA APANYA "

Menjadi seperti apa yang kita inginkan. lumrah perasan seperti  itu dimiliki oleh setiap kita. Yah, karena kita pasti ingin setiap orang mengerti dan memahami apa yang ada di hati kita di manapun itu dan tak pelak kepada siapaun juga. Manusia memiliki kecenderungan untuk  menginginkan apa saja yang ada di hadapannya sesuai dengan apa yang dia fikirkan. Bila tidak hatipun cebderung berontak.

bagaimana kita menyikapi pemberontakan hati,
apakah dengan cara memusuhi siapa saja yang tidak sependapat dengan kita.
apakah dengan diam , atau mencoba memahami bahwa itulah manusia yang memiliki sifat dan perasaan yang berbeda-beda,

kesalahan terbesar bila kita berada pada statement pertama dan kedua. Karena apa ?
kalian tau, SANGAT SULIT. bila kita berada di lingkungan yang di tuntut untuk berbaur
meski itu 75 % bukan lah apa yang kita inginkan.Namun kita ingin mereka mengerti keinginan mereka.

saya katakan itu adalah hal terbodoh bila tetap bertahan.  karena itu akan menghancurkan diri kita sendiri. Karena apa ? karena jelas merekapun ingin kita mengerti apa yang mereka inginkan . Hal terbaik yang kita lakukan adalah  koreksi diri dan cobalah membuka perbincangan. Bagaimana caranya ?

Dalam NLP (Neuro Lenguistic Programming) semuanya bisa terjadi. Bagaimana kita memahami manusia, bagaimana mempengaruhi manusia, semua ada di NLP. Kalau ada yang bertanya “apa itu NLP ?” saya sendiri juga susah mendeskripsikannya. Yang pasti NLP adalah ilmu yang luar binaza , tentang bagaimana kita dan manusia pada umumnya.

Mencoba memahami hakikat manusia tidaklah rumit , bagaimana kita dan kecenderungan kita  tidaklah jaug dengan mereka di luar sana. Bahwa kita mengingnkan cinta, bahwa kita menginginkan penghargaan, bahwa kita ingin selalu diperhatikan, bahwa kita menginginkan segala sesuatu berjalan dengan lancar dan sesuai harapan. Dan bahwa itulah manusia pun juga saya. Sahabat, kita terlahir
untuk menciptakan siapa diri kita sendiri. kita tidak akan bisa menjadi seperti mereka,
begitu pun mereka.tidak bisa sepenuhnya menjadi seperti yang kita inginkan.

so, yang bisa kita lakukan adalah  mahami lebih dalam, bahwa setiap pribadi memiliki perbedaan dan memang begitulah Yang Maha Kuasa menciptakan sebaik-baik diri kita . Dan semua itu ada di NLP  .

Terlepas dari keberadaan kita pada suatu komunitas, saya teringat kata sahabat karibku ketika ia merasa terpuruk :"aku tak apa-apa, suatu saat kau akan mengerti, ini adalah hukum kehidupan, bila kita membenci,maka tak salah bila kita di benci, ini adalah suatu hukuman, dimana hukuman tersebut adalah duakali lipat ketika kita memperlakukan oranglain secara buruk, suatu saat hal itu akan kembalikepada kita".
Sahabat,  saya sendiri pernah berada pada posisi ini, posisi dimana saya melihat sahabat ku menjadi orang asing di komunitasnya. saya mencoba memahami apa yang mereka rasakan saat itu.dimana, hanya karena kesalahan yang tak ia ketahui apa, karena tak ada yang mengatakan apa kesalahan yang telah ia lakukan. hingga imbasnya adalah pengucilan diri.merasa terasing, dan seolah olah kesalahan kecil yang ia lakukan harus di bayar dengan harga yang mahal.seketika itu saya berkata “kawan,kau benar, aku sedang ada di posisi ini

Setalah saya pahami, semua hal tersebut  terjadi akibatkan diri saya sendiri, yang terlalu mendramatisir setiap perbedaan yang saya temui,  akibatnya, timbullah fatamorgana ketidakpastian. dimana apa yang kita fikirkan sesungguhnya tidak ada, namun seolah-olah terjadi

kawan, setiap orang punya alasan mengapa terjadi kesalahan.itu lah yang sering kali menjadikan kita berubah menjadi monster egosnetris.Why, , , ?
karena kita tak memahami, kita adalah mahluk yang lemah, hanya berfikir, "dia kenapa seperti ini, dia itu harusnya begini", bahkan tak lepas kita berkata "hahahahaha dia bodoh sekali".

STOP !!

mari kita riset ulang

"Who i'm I"
siapa diri q, hingga pantas berkata seperti itu. siapa diri kita. seolah-olah kita menjadi orang yang tak pernah melakukan kesalahan di dunia ini. lebih tepatnya menganggap dirikita perfect. "seperti ini pun, saya bukanlah orang baik", saya  belajar dari pengalaman, yang pernah saya alami ataupun secara tidak langsung. Tapi apa pun itu "jangan  lihat siapa yang menyampaikan, tapi lihatlah apa yang ia sampaikan". entah ini wish word ini dari siapa tapi yang jelas saya setuju.

Sahabat, sangatlah sulit untuk memulai suatu perubahan. Namun seperti apapun bentuk perubahannya, jadilah berproseslah dan terus belajar. Dan pasti akan ada masalah yang sahabat temui. Percayalah “SEMUA AKAN INDAH PADA WAKTUNYA”

sahabat, , ,
banyak kesalahan yang telah saya lakukan di masa lalu. Namun, diri saya saat ini adalah hasil revolusi kejadian masa lalu. entah itu masalah, kesalahan,  ataupun tragedi memalukan dan mengenaskan. Saya belajar dari proses yang telah terjadi di masa lalu dan semua itu menghasilkan revolusi yang luar binaza. Namun semua itu kembali pada pribadi sahabat sendiri, mengarahkan setiap proses yang sudah terjadi menjadi hal posiif  sehingga menjadikannya sebagai pelajaran berharga, ataupun menjadikannya pengalaman yang buruk.

Sampai saat ini saya mengibaratkan diri saya sebagai "tempayan retak", begitupun saran saya kepada sahabat sekalian. Dimana saya merasa terkucil dalam suatu lingkaran komunitas, dan merasa terhambat atas kekurangan yang saya miliki. Namun ketika saya memutuskan untuk keluar dari lingkaran tersebut, dan hasulnya banyak senyuman yang saya dapatkan. Satu lagi yang saya pelajari “bukan hari indah kita bahagia, tapi karna kita bahagia, hari ini menjadi indah”

lagi-lagi saya katakan, itulah hukum kehidupan. orang terkadang tak memahami apa yang terjadi di dalam dan apa yang terjadi diluar. saya bersukur atas semuanya. karena bagaimanapun juga, sya selalu menghadirkan Allah di hati saya. dan rasanya sangat luar binaza.

Sahabat, cobalah untuk selalu menyampaikan terimakasih kepada orang-orang yang telah hadir dalam kehidupan kita, ntah dalam bentuk musuh atau sahabat. karena apa,
karena merekalah yang telah membentuk diri kita saat ini. Banyak yang kita lupakan atau bahkan tidak kita ketahui adalah bahwa :
-           Sering kali kita  bangga dengan kebahagiaan sesaat yang sekarang kita rasakan karena akan datang hal luar biasa dan itu akan sangat membutuhkan banyak energy kesabaran untuk menghadapinya
-          Tak jarang kita merasa orang lain itu lebih rendah, terlepas dari siapapun dia,  karena akan datang massa di mana kita akan menjadi bahan cacian luar biasa
-          Bahkan kita pun cenderung meremehkan seseorang, karena akan tiba dimana anda akan sangat membutuhkannya
-           Perasaan menyinggung orang lain, karena sesunggunhnya dia lebih terhormat ketimbang anda yang hanya bisa mencaci di belakang layar, lebih baik katakan langsung, dan itu adalah salah satu hal mulia karena secara tidak langsung kita belajar tentang  arti ayat al'asr dalam al-qur'an
-          Kita merasa diri kita  lebih baik dari DI, karena sesungguhnya, andalah yang memberitahu dunia, bahwa andalah sesungguhnya orang yang terburuk
-          Menganggap bahwa  kesempurnaan adalah segala-galanya, padahal itu berarti anda meminta kehancuran
-          ketahuilah, andapun orang yang bemasalah

Sahabat tau, memulai perubahan itu  sangat mudah , banyak poin yang harus dilakukan,
-          Cintai maka anda akan di cintai
-          Memberi berati menerima lebih banyak
-          Bila tak suka hindari dan pahami,jangan mencela dan riset kembali siapa kita
-          Maafkan masalah silam
-          terima orang lain apa adanya bukan ada apanya
-          tersenyumlah maka duniamu indah
-          ketika dunia menghujat, biarkan dan tetap optimis pada hidup anda. tentunya evaluasi diri. Orang- orang yang mencemooh rata-rata mereka tidak memahami apa yang telah anda lakukan kepada mereka. maka teruslah memberikan  yang terbaik
-          Menangislah, untuk apa air mata di cipta kalau untuk tidak di hadirkan.

SAYA katakan kembali "seperti inipun saya belumlah baik, namun saya tak pernah lupa, saya, anda, kalian,dan kita semua berhak untuk mempelajari apa itu makna kehidupan, untuk kita, untuk orang yang kita cintai. Agar mereka tau kitapun menyayangi mereka.

Sahabat,, kata yang lebih baik ketika kita menjadi orang bersalah adalah "MAAF"
izinkan saya menjadi orang yang lebih baik. untuk kalian semua.
diantara draft yang sahabat baca, saya merasa inilah isi hati saya yang terdalam.

SUDAH KAH TERSENYUM HARI INI.
SEMOGA BERMANFAAT.

SALAM SETIA
SALAM PROFESIONAL

                                                                                                            BY : PENCARI JEJAK

Tidak ada komentar: