Jumat, 22 Maret 2013

BEDA, HARUS

Kancil, Kelinci, Ular, dan Kura-kura.....

REBEDAAN, jelas pasti ada, dan PERBEDAAN itu sangat di butuhkan. tantangan bagi mereka yang memiliki mimpi secara bersama-sama (kelompok) adalah baiknya memperhatikan apakah kita termasuk ke dalam karakter sang Kancil, Kelinci, Ular, atau Kura-kura

pembahasannya hari ini adalah tentang "Kancil, Kelinci, Ular, dan Kura-kura". bukan menitik beratkan pada "siapa yang akan juara bila mereka berduet" meski akan di singgung sedikit. tapi tentang "PERBEDAAN DI ANTARA KE 4 NYA, YANG SESUNGGUHNYA ADA DI DALAM DIRI KITA"

persembahan untuk sahabatku di Rumah Kita, untuk yang kemarin menagih note saya, dan untuk semua yang telah membaca note ini, spesial untuk yang memiliki mimpi membangun kesuksesan bersama-sama (kelompok).

**********************************************
sedikit bingung sebenarnya mau saya mulai dari mana untuk mengawali catatan ini.

...........................................................................................

Allah memberikan tantangan di balik kesuksesan

pernah naik tangga...?

pernahlah....!!!

sebelum naik tanggal, kita tak mungkin tak memiliki alasan "mengapa kita menaiki tangga"

kita pasti sudah memiliki alasan kenapa tangga itu kita naiki. sampai tingkat berapa, dan apa yang akan kita dapatkan ketika sudah sampai puncak

...........................................................................................

semakin tinggi tangga yang kita naiki

resiko akan semakin berat

terlena makan akan terjatuh

begitu pula dengan sombong dan tak memperdulikan yang lainnya

bisa juga membuat kita jatuh seketika

semakin tinggi tangga yang kita naiki, maka kita tau, akan semakin lelah dan capek kita melangkah. kalau turun, yang ada "kita hanya melihat harapan dalam mimpi" tak akan pernah tau bagaimana rasanya sampai puncak.

bila kita memutuskan untuk terjun, kita hanya akan merasakan rasa sakit yang luar biasa, apalagi bila bila sudah naik sangat tinggi. dan tinggal sedikit lagi puncak itu kita raih.

teramat sayang, dan terlalu menyakitkan.

bila kita memutuskan untuk berhenti : maka kita hanya melihat bayangan kegagalan yang akan menjadi sejarah.

semakin tinggi tangga yang kita naiki,

akan semakin tinggi resiko yang akan kita hadapi.

tapi yakinlah "PASTI AKAN SAMPAI PUNCAK". seberapa lelahpun, seberapa susahpun untuk mencapainya.

satu jawaban kenapa tak bisa sampai puncak adalah "KARENA KITA MEMUTUSKAN UNTUK BERHENTI" kita naik tangga, seberapa tinggi pun, pasti sampe kan.....??

...........................................................................................

tangga ibarat mimpi

mimpi yang saya miliki, kau miliki, dan orang-orang di seluruh dunia miliki.

mimpi adalah cita-cita, adalah harapan.....

pasti akan terwujud asalkan "TERUS MELANGKAH". kenapa kesuksesan itu belum kita dapatkan. jawabannya "KARENA KITA MENGELUH SEBELUM KITA BENAR-BENAR SUKSES".

...........................................................................................

unik.... Allah selalu menciptakan hambatan di balik kesuksesan.

kancil, kelinci, ular dan kura-kura

akan kukuh dan kokoh . . . . bila menyadari letak kemampuan masing-masing. saling memahami, dan mengerti

ada alasan kenapa kancil,kelinci, ular, dan kura-kura, dulu memutuskan untuk bersama-sama. menggapai mimpi bersama-sama

sama ketika kita akan menaiki tangga

pernah ada yang bertanya, dari mana saya mendapatkan analogi tangga dalam setiap training saya. inspirasi adanya tangga saya daptkan langsung ketika saya benar-benar merasakan lelah ketika harus menaiki untuk mendapatkan barang yang saya cari
...........................................................................................

dalam menaiki tangga (menggapai mimpi)

=> kancil adalah sosok yang cerdik, penuh amarah, ambisi, taktik, mimpi yang besar.

karakter perfecsionis, yang menjadi tolak ukur apakah kelompok akan terus untuk melangkah, bubar, atau berhenti. namun kancil, tak tau bagaimana caranya mempertahankan kelompok.

=> kancil butuh kelinci, yang memiliki ego sama, meski tak sesantusian kancil. kelinci adalah sosok yang periang. mampu mendekati kancil. namun tetap saja, ego kelinci akan kalah dengan si kancil.

namun kelemahannya, bila mereka sama-sama berego. maka diantara keduaanya jarang ada yang mau mengalah duluan.

=> untuk itu mereka berdua butuh si ular, yang menguatkan, dan mampu mengarahkan. mampu mengalah di antara kancil, dan kelinci. namun si ular, terkadang memiliki cara sendiri untuk menangani egonya sendiri, sedang ia tak mampu mengucapkan. memendam, dan mematikan. terkadang ia akan terlihat sangar ketika ia terus melangkah bersama kancil dan kelinci. ular menjadi sosok yang amat kasian, karena ia hanya bisa memendam apa yang ada di dalam hatiny.

=> dan yang paling utama untuk mereka bertiga adalah kura-kura

sosok yang di sayang oleh kancil, kelinci, dan ular

memiliki pribadi yang menarik dalam diam.

dan sosok inilah yang sebenarnya menjadi penguat yang mampu mempertahankan. asal ia berani berbicara, tentu dengan ciri khas dan kelmbutannya. kenapa, karna dari sosok kura-kura, sosok yang paling di sayang. mereka (kancil, kelinci dan ular) mengerti, mereka akan berat meninggalkan dan jauh dari kura-kura.

kura-kura yang tak pernah berjalan balik/mundur. memilih maju ketimbang memutar arah. belok mencari solusi namun tetap melangkah kedepan.

kancil, kelinci, ular dan kura-kura, keempatnya akan memberikan kekuatan luar biasa bila kura-kura tetap menjadi kura-kura, dengan wibawa dan mengarahkan. meski lemah, meskii lamban.

..........................................................................................
setiap orang pasti memiliki ego yang berbeda-beda. meski sudah di satukan dalam kelompok. namun bila kancil, kelinci , ular dan kura-kura masing-masing mempertahankan ego masing-masing dalam suatu permasalahan tanpa melihat fungsi masing-masing pastilah akan berakhir dengan kebencian, saling mengutuk dan menyalahkan.

sahabat inspiratif, mari belajar dari kebersamaan sosok kelinci, kancil, ular dan kura-kura. tentang bagaimanakah kita, di posisi apakah kita.

semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar: